sholat3

Memang Agar Kuat, Kita Harus Diuji

 

Oleh: abu Rif’at

 

Matahari sudah berdiri setinggi tombak, manusia disibukkan dengan hiruk pikuk yang dipenuhi kegiatan dan aktifitas yang kadang kita perlu bertanya dalam hati, ”Buat apa kita melakukan semua ini?”. Hari itu memang tidak seperti hari biasanya, manusia sibuk dengan aktifitasnya masing-masing. Walapun mereka menjalaninya dengan penuh canda tawa, tapi, dalam pikiran dan hatinya tetap ada kegundahan dan kegelisan yang menghawatirkan akan masa depan mereka. Memang betul, ketika seseorang hendak naik darajatnya dia harus melewati rangakaian-rangkaian ujian.

Ya… hidup adalah ujian. Pantas saja dalam al-Quran disebutkan, “(Dia) lah yang menciptakan mati dan hidup, untuk menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa (lagi) Maha Pengampun”. Kabar yang didengar siang itu membuat hati tersentak dan memberontak tidak percaya, “Ya Allah ilmu dan hikmah apalagi yang akan engkau berikan kepadaku”, kata-kata itu meluncur dari bibir yang kering dengan gemetar, seolah-olah lupa bahwa ‘Allah tidak akan memberi beban kepada seorang hamba yang melebihi batas kemampuannya’.

‘Dijalan inilah (dakwah) Ibrahim dibakar,

Nuh dikatai gila,

Zakaria dibunuh,

Musa diusir dari kampung halamanya,

Isa diburu,

Dan Muhammad dicaci, dimaki, keluarganya diintimidasi, dan sahabatnya disakiti.

Dijalan inilah kita diuji,

Karena hakekat hidup adalah perjalanan menuju mati’.

“Ya Hayyu Ya Qoyyum, dengan RahmatMu aku memohon pertolongan, perbaikilah urusan semuanya dan janganlah engkau serangkan kepadaku sekejap matapun”. Demikianlah yang Rasul ajarkan ketika kita merasa berat untuk memikul urusan kita. Oleh karena itu, Hati kita harus dianyam dengan iman yang kuat, disulam dengan benang keikhlasan, dijahit dengan jahitan ketawakalan, lalu dibungkus dengan ruh keistiqomahan. Untukmu wahai sahabat, istiqomahlah… janji Allah adalah Haq.

Memang agar kita kuat kita harus diuji…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *