20151110_085430

Ratusan Siswa Perguruan Daarul Uluum Ikuti Parade Hari Pahlawan

Momentum hari pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November dimanfaatkan oleh DPD PUI Kab. Majalengka dengan menggelar Parade Motor dan Mobil Hari Pahlawan Nasional. Sebanyak 2500 kader dan simpatisan PUI dari seluruh Majalengka mengikuti kegiatan ini. Termasuk diantaranya siwa dari Perguruan Daarul Uluum PUI Majalengka yang berjumlah 800 orang. Acara ini dilepas oleh Wakil Bupati Majalengka yang juga Ketua DPD PUI Majalengka, DR. H. Karna Sobahi,M.MPd dengan Start di depan gedung bapermin dan finish di Asromo. Acara kemudian dilanjutkan dengan ziarah dan zikir di makam KH. Abdul Halim di komplek pemakaman Asromo.

Dalam sambutannya, Karna Sobahi mengajak warga PUI untuk dapat membumikan nilai-nilai kepahlawanan yang sudah ditanamkan oleh KH. Abdul Halim. “Dulu mbah Halim merintis PUI penuh dengan keterbatasan, hampir tiap pekan beliau jalan kaki dari Daarul Uluum ke Asromo, namun karena kesungguhan dan keikhlasan lah, akhirnya PUI bisa berdiri dan eksis sampai sekarang. Nilai keikhlasan dan kesungguhan inilah yang patut kita tiru sekarang ini”

Acara kemudian dilanjutkan dengan Refleksi peringatan hari pahlawan yang disampaikan oleh KH. Cholid Fadhlullah,SH, pria yang merupakan cucu KH. Abdul Halim ini menyampaikan biografi singkat KH. Abdul Halim dalam upaya mendirikan PUI. “Mbah Halim itu sebenarnya bukan hanya pendiri PUI, tapi juga pendiri Republik Indonesia, hal ini terlihat dari peran mbah Halim sebagai anggota Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) bersama dengan tokoh nasional lain seperti: Ir. Soekarno, Moh. Hatta, H. Agus Salim, KH. Mas Mansyur, KH Abdul Wahid Hasyim dll.

Acara ini juga diwarnai dengan penyerahan aspirasi dari warga PUI ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, “mengingat jasa-jasa KH. Abdul Halim yang amat besar bagi republik ini, maka kami mengajukan tuntutan kepada DPRD, Pemda, pemprov dan pihak terkait lainnya untuk menjadikan nama KH. Abdul Halim sebagai Nama Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati. Kita sebagai putra Majalengka tentu sangat bangga memiliki tokoh yang kini telah menjadi Pahlawan Nasional dan kita usulkan untuk dijadikan nama bandara di kertajati” Ungkap Ketua Panitia Kegiatan, Amin RIdwan, M.Pd.I

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *